Image

KEANEKARAGMAAN BUDAYA INDONESIA

2 Mar

KEANEKARAGMAAN BUDAYA INDONESIA

Bhineka tunggal ika (garuda) adalah lambang dari berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan.

Keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah keniscayaan yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok sukubangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok sukubangsa yang ada didaerah tersebut. Dengan jumlah penduduk 200 juta orang dimana mereka tinggal tersebar dipulau- pulau di Indonesia. Mereka juga mendiami dalam wilayah dengan kondisi geografis yang bervariasi. Mulai dari pegunungan, tepian hutan, pesisir, dataran rendah, pedesaan, hingga perkotaan. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat peradaban kelompok-kelompok sukubangsa dan masyarakat di Indonesia yang berbeda. Pertemuan-pertemuan dengan kebudayaan luar juga mempengaruhi proses asimilasi kebudayaan yang ada di Indonesia sehingga menambah ragamnya jenis kebudayaan yang ada di Indonesia. Kemudian juga berkembang dan meluasnya agama-agama besar di Indonesia turut mendukung perkembangan kebudayaan Indonesia sehingga memcerminkan kebudayaan agama tertentu. Bisa dikatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat keaneragaman budaya atau tingkat heterogenitasnya yang tinggi. Tidak saja keanekaragaman budaya kelompok sukubangsa namun juga keanekaragaman budaya dalam konteks peradaban, tradsional hingga ke modern, dan kewilayahan.

Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Dan tak kalah pentingnya, secara sosial budaya dan politik masyarakat Indonesia mempunyai jalinan sejarah dinamika interaksi antar kebudayaan yang dirangkai sejak dulu. Interaksi antar kebudayaan dijalin tidak hanya meliputi antar kelompok sukubangsa yang berbeda, namun juga meliputi antar peradaban yang ada di dunia. Labuhnya kapal-kapal Portugis di Banten pada abad pertengahan misalnya telah membuka diri Indonesia pada lingkup pergaulan dunia internasional pada saat itu. Hubungan antar pedagang gujarat dan pesisir jawa juga memberikan arti yang penting dalam membangun interaksi antar peradaban yang ada di Indonesia. Singgungan-singgungan peradaban ini pada dasarnya telah membangun daya elasitas bangsa Indonesia dalam berinteraksi dengan perbedaan. Disisi yang lain bangsa Indonesia juga mampu menelisik dan mengembangkan budaya lokal ditengah-tengah singgungan antar peradaban itu.

Advertisements

cerita lucu

20 Sep

 

ada kaitan apa denganmuImage

 

seorang wanita berusia 40 tahun, parasnya tergolong cantik, memiliki sebuah pekerjaan dan penghasilannya juga cukup stabil.

Pada suatu hari, teman sekantornya, Adi menanyanya: “Syarat-syarat pribadimu sedemikian baiknya, mengapa sampai sekarang kamu kok masih tetap bujangan?”

Wanita itu menjawab: “Waktu kecil aku pernah menjadi anggota sebuah tim atletik di sekolahku, pada suatu kali latihan, aku nahas cedera dan meninggalkan sebuah bekas luka di tapak kakiku.”

Adi bertanya lebih lanjut: “Tapak kakimu ada bekas luka, apa hubungannya dengan kamu kawin atau tak kawin?”

“Ya, memangnya tak ada sangkut-pautnya.” jawab wanita itu: “Lalu aku kawin atau tak kawin, ada kaitan apa dengan dirimu?”

ngeblog

20 Sep

LATIHAN NGE’BLOG

Hahahaha .. bingung deh mau nulis apa , disuruhnya sih nulis cerita menarik 😡 , tapi kok aku bingung yaa??? Apa jangan jangan aku ngga punya kenangan menarik ?? #loh 😡 wkakaka , hmm .. padahal yang lain bisa nulis buanyak banget :/ haha , biasa sih anak” DM kalo disiruh curhat pasti paling ahli B) duh , makin bingung deh mau nulis apa , gara” dijahil’in sama salah satu guru DM 😡 , wkakaka , kalo gitu aku crita tentang karakter guru” DM deh , sapa tau ada anak” daerah surabaya barat yang pingin skolah di DM alias Dharma Mulya XD 😛 wkwk , banyak sih karakter guru yang perhatian & jahil , ada guru TIK yang jahil dan seru abis 😛 wkakak , pokoknya pelajaran ngga mungkin garing deh! , ada guru bilogi yang misterius x_X apa lagi kalo ketawa *lol (biasanya pertanda soal ulangan susah x_x) , ada guru elektro yang super duper sabar 😛 baik deh pokoknya  , ada guru BK yang “WOW” banget! Kata anak” sih pelajaran BK itu pelajaran bebas :O XP , ada guru geografi yang kreatifnya ngga nahan (y) apa lagi gambar”nya , mantab deh pokoknya (y) , ada guru bahasa inggris yang tampangnya berwibawa tapi ternyata ‘grapiak’ sama anak anak 😛 , ada guru matematika yang suaranya sama kayak petir x_x tapi seru dan gokil abis 😛 , ada guru jawa yang aduhai :$ , ada guru sejarah&pkn yang suka jahilin anak” :/ XD , dan masih banyak lagi deh wkwkwk , gimana? Tertarik?? # tahun di Dharma Mulya dijamin ngga bakal kerasa deh! 😛 cius men ! seru banget disini! *lol Mau gabung ? ayokk ! XP

Hello world!

6 Sep

Welcome to WordPress.com! This is your very first post. Click the Edit link to modify or delete it, or start a new post. If you like, use this post to tell readers why you started this blog and what you plan to do with it.

Happy blogging!